Mahasiswa Mulai Lupa Perannya

Ada orang berkata bahwa kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh seberapa besar niat dan kemauan para kaum terpelajar untuk memajukan bangsanya. Cikal bakal kaum terpelajar tersebut salah satunya adalah mahasiswa.

Oleh karena itu, mahasiswa memiliki peran besar untuk memajukan bangsanya, termasuk di dalamnya adalah memajukan masyarakat. Hal ini telah menjadi kewajiban bagi seorang mahasiswa dan sesuai dengan peran mereka yang termaktub di dalam Tridarma Perguruan Tinggi. Tridarma Perguruan Tinggi tersebut adalah Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, serta Pengabdian kepada Masyarakat. Namun, apakah mahasiswa telah menjalankan perannya tersebut?

Pertama, hal yang perlu dilihat adalah peran mahasiswa dalam bidang pendidikan dan pengajaran. Konsep dasar dari pendidikan dan pengajaran ini adalah adanya transfer ilmu pengetahuan dari mahasiswa kepada masyarakat. Contohnya adalah melakukan kegiatan sosial dalam bentuk pengajaran kepada anak-anak yang berasal dari keluarga yang kurang mampu. Namun, kenyataannya, masih banyak mahasiswa yang melupakan hal ini. Jika ada pun, inisiator dari dharma ini bukan berasal dari mahasiswa.

Darma yang kedua adalah penelitian. Kegiatan ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam rangka kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, kembali lagi, kita harus melihat kenyataan yang ada saat ini. Sedikit sekali mahasiswa yang memiliki budaya untuk melakukan penelitian. Ketika ada kebijakan mengenai jurnal ilmiah pun banyak mahasiswa yang tidak setuju. Padahal, apabila dilihat signifikansinya, kebijakan tersebut sangatlah positif. Kebijakan tersebut membiasakan budaya meneliti yang selama ini belum dimiliki mahasiswa.

Hal yang ketiga adalah pengabdian kepada masyarakat. Darma ini adalah bentuk aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkannya kepada masyarakat secara riil dan konkret. Tidak hanya itu, aktivitas yang dilakukan juga harus dirasakan kebermanfaatannya oleh masyarakat. Hal ini juga sering luput dari pandangan mahasiswa. Selama ini, mahasiswa merasa sudah dapat membela dan memperjuangkan rakyat melalui aksi turun ke jalan. Namun, apakah dengan cara tersebut rakyat bisa merasakan kebermanfaatannya secara langsung? Cukup naif apabila menjawabnya dengan kata ‘iya’.

Oleh karena itu, sebagai seorang mahasiswa, jangan pernah melupakan peran kita sebagai seorang yang terpelajar. Peran yang ada di dalam Tridarma Perguruan Tinggi, seharusnya menjadi landasan kita sebagai mahasiswa dalam mengambil tindakan. Adanya tri dharma perguruan tinggi tersebut bisa dijadikan modal kuat untuk menyokong dan membangun bangsa ini. Ketika sudah memilikinya, kontribusi mahasiswa untuk masyarakat, bangsa dan negara pun dapat dirasakan secara nyata.

Depok, 07 April 2012

*Pernah dimuat di Harian Seputar Indonesia tanggal 9 April 2012

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s