Mau ke Jogja Nyangkut di Benang Wol

Rabu (16/5), gue berniat untuk pulang ke Jogja, hari itu juga. Tapi, kok waktu itu rasanya mager banget ya?! Nyari tiket pun males, ujung-ujungnya gue cuma diem aja di kampus.

Beruntung, ada Rozin yang juga mau pulang ke Purwokerto. Alhasil, gue berencana nitip tiket ke dia. Tapi, yang namanya orang-orang mager ya sama aja, dia juga belum nyari tiket. oke, gagal lagi! Setelah bingung gak jelas mau ngapain akhirnya Rozin bilang kalo beli tiketnya lewat Bimma (‘m’-nya dua, gak boleh satu) aja. Oke, gue coba sms Bimma buat nanyain tiket bis buat besok (17/5). Rencananya, gue bakal nyari bis yang berangkat sepagi-paginya, tapi ternyata kata Bimma paling cepet itu jam 15.30. Sip! Gue berangkat paling pagi jam setengah empat sore bareng Rozin juga yang mau ke Purwokerto. Setelah transaksi dengan Bimma, akhirnya gue pun bisa lega dan akhirnya pulang juga ke Jogja! Makasih Bimma!

***

Setelah urusan tiket kelar dan gue pasti pulang ke Jogja, aktivitas lain pun berlanjut. Balik ke ruang BPM, ada Okky, Nisa, Arti, ama Rozin yang lagi bikin boneka wol (gatau gue apa namanya). Menarik juga nih. Pertamanya sih cuma Okky, Nisa ama Arti yang bikin boneka ini. Mereka buat untuk pameran hari selasa (22/5) besok di FISIP UI. Semacam pameran dari organisasi enterpreneur. Jadi, mereka bertiga tuh lagi bikin boneka wol untuk dijual pas pameran itu.

Orang pertama yang tertarik ikutan bikin boneka wol adalah Rozin. Waktu itu gue belum mau ikutan bikin karena rencananya mau pulang cepet (rencana doang ya). Tapi, karena gue gak jadi pulang cepet, akhirnya gue ikutan bikin juga. Jadi, malem itu di ruang BPM terlihat seperti ada workshop pembuatan boneka untuk mahasiswa karena di dalamnya semua bikin boneka. Atau bisa juga dikasih nama “Pelatihan UKM (Usaha Kecil Mahasiswa): Merubah Wol menjadi Uang”. Hahaha. Abaikan!

Setelah perjalanan yang cukup lama untuk memelintir benang wol dalam sebuah kardus lingkaran, akhirnya terbentuklah sebuah lingkaran wol yang tebal.  Tapi proses ini belom selesai. Gulungan wol tersebut dipotong pada bagian atasnya kemudian diikat pada pusatnya. Sedangkan lingkaran kardus tersebut dipotong karena cuma sebagai alat bantu. setelah itu, wol tersebut dibentuk hingga menjadi bulat. Nah, itu teknik dasarnya. Proses selanjutnya tergantung kreativitas si pembuat. Dan disinilah kreativitas gue diuji.

Jadi, boneka yag gue bikin itu berwarna kuning, abis itu gue kasih benang warna biru sedikit, sedikit banget. Gue berharapnya sih warna biru itu jadi motif tutul diantara warna kuning. Ternyata, setelah diolah sedemikian rupa sehingga, ternyata warna biru itu bukan jadi tutul tapi menjadi bercak biru. Damn! Ternyata imajinasi gue gak sejalan dengan tangan gue yang lagi bekarya.

Tapi gue tetep yakin kalo hasil karya gue ini tetap bisa jadi keren! Bayangin aja, udah hampir tiga tahun lebih gue gak pernah buat kerajinan. Pasti bakat-bakat gue yang tependam bakal keluar. Ya kan?! Pengen tau hasil karya gue? Liat aja besok selasa di FISIP UI. Katanya Arti sih boneka gue udah berubah bentuk jadi anak ayam. Jadi, cari aja anak ayam yang ada bercak biru-birunya. (kok kaya anak ayam sakit ya?)

***

Nilai moral (sok-sokan bermoral) yang dapat diambil dari tulisan ini banyak banget sob! Satu, elo tuh orang yang kreatif, masalahnya tinggal dikemanain tuh kreativitasnya. Kedua, berimajinasilah! Manusia itu lahir untuk berpikir dan pikiran itu berawal dari imajinasi terhadap suatu hal. Imajinasi kita tuh gak akan terbatas, tapi kenyataannya justru kita yang membatasi imajinasinya, menutupinya dengan pikiran-pikiran lain yang membebani. Relax bro! Yang ketiga berlajar dari anak muda tuh menyenangkan. Elo merasa kembali muda dan fresh. Makasih buat anak-anak muda! Keempat dan paling penting nih, kalo butuh tiket bis dadakan bisa menghubungi Bimma! Terpercaya!

bla…bla…bla… Gak semua yang lo baca itu bener. 😀

Leave a Reply

