Harga Diri (?)

Kawan, pernahkah kau dengar suara dari dirimu? Ya, dirimu yang lain. Bukan dirimu yang saat ini sedang membaca tulisan ini. Tapi, dirimu yang tersudut di ujung pikiranmu. Dirimu yang kadang-kadang tidak kau dengarkan. Dirimu yang mengisi mimpi-mimpi indahmu di istirahat malam. Dirimu yang…. Ah, aku pikir kau sudah mengerti. Iya bukan?

Kau mungkin sudah mengerti kalau kita ini manusia yang punya nilai. Namun, kita jarang menyadari kalau diri kita bernilai, lebih-lebih menyadari orang lain juga punya nilai. Jarang bukan? Kawan, terkadang, kita perlu berbincang dengan diri kita yang lain. Mencoba bercakap-cakap dengan ‘aku’ yang lain untuk tahu siapa itu aku. Kita perlu tahu sebenarnya kalau kita manusia yang mempunyai nilai. Kita perlu menghargai diri kita sendiri untuk selanjutnya kita mampu mengahrgai orang lain.

Kawan, aku hanya mencoba mengingatkan diriku sendiri (dan berharap kalian juga). Aku hanya ingin mengatakan bahwa setiap insan mempunyai nilai yang patut dihargai. Aku mencoba bertanya pada ‘aku’ yang lain tentang diriku yang sebenarnya. Aku ingin supaya dapat menghargai manusia yang lain. Karena kita adalah manusia yang tidak hidup sendirian.

Kita adalah manusia bebas, tapi kebebasan kita jangan menghalangi kebebasan orang lain.

Depok, 23 Mei 2012

Leave a Reply

