Indonesia Menuju Homeless Worldcup 2012

Mungkin, sebagian dari kita belum mengetahui salah satu kompetisi ini. Kompetisi ini memang gaungnya tidak seheboh Piala Eropa yang lalu, apalagi Piala Dunia. Namun, kompetisi ini merupakan salah satu kompetisi yang spesial dan salah satu selebrasi tersendiri bagi mereka yang mengikutinya.

The Homeless Worldcup, begitulah tajuk dari kompetisi ini. Kompetisi yang memang diperuntukkan bagi mereka yang biasa kita sebut sebagai tunawisma. Kompetisi ini dimulai pada tahun 2003 di Graz, Austria dan selanjutnya diadakan setiap tahunnya. Tahun ini, penyelenggaraan kompetisi ini akan diadakan di Mexico.

Indonesia sendiri telah berpartisipasi sejak tahun 2011 yang kompetisi ini diadakan di Perancis. Memang baru tahun lalu Indonesia mengikuti kompetisi ini, tetapi jangan salah, prestasi yang diraih sudah membanggakan. Tampil menjadi tim yang menduduki peringkat keenam dari 48 negara yang tampil. Menyenangkan bukan bagi sebuah tim pemula? Tidak hanya itu saja, Indonesi terpilih sebagai tim pendatang baru terbaik (The Best New Comer Team) dan kapten tim, Deradjat Ginandjar Koesmayadi, terpilih sebagai pemain terbaik (The Most Valuable Player).

Homeless Worldcup ini diselenggarakan sebagai ajang aktualisasi diri bagi mereka yang kita sebut sebagai tunawisma. Mereka yang kerap kali diberi cap oleh masyarakat sebagai sampah masyarakat atau perlakuan diskriminatif lainnya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengubah perspektif masyarakat dalam melihat sosok tunawisma. Berikut ini terdapat beberapa opini tentang dampak pasca Homeless Worldcup 2011 disini.

Salah satu pesan yang disampaikan dalam kompetisi ini (sumber: Video Profil Tim Indonesia)

Lalu, siapa saja yang akan mewakili Indonesia dalam kompetisi di Mexico City tahun 2012 ini? Berikut adalah daftar tim yang akan dibawa ke Mexico:

Manager : Febby Lorentz

Coach : Bonsu Hasibuan

Pemain : 1. Anton Sugiri (DKI), 2. Mozes Manuhutu (DKI), 3. Doni Banditos Doni Arisetiawan (JATIM), 4. M.Iqbal (SUMUT), 5. Phiton Sanx Pencerah Suherman (JABAR), 6. Adik Mardina Irawan (JATIM), 7. Arief Toun (JABAR), 8. Farid (SULSEL)

(sumber: akun twitter @rumahcemara)

Buat kalian yang merasa menjadi bagian dari Indonesia! Buat kalian yang peduli dengan mereka yang selalu dimarjinalkan! Buat kalian yang bermimpi sepakbola Indonesia mendapat prestasi internasional! Inilah saatnya, dukungan kecil pun akan berharga bagi mereka. Jayalah Indonesia!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s