Toilet

Beberapa hari ini, gue selalu berpergian ke luar kota, entah itu cuma sekedar jalan-jalan atau ada kegiatan di luar kota dari tempat magang. Tetapi, di tulisan ini gue nggak mau cerita gimana suasana tempat yang gue kunjungi atau keindahan tempat tersebut. Menurut gue, tulisan macam itu adalah tulisan yang amat kekinian. (maaf ngawur)

Oke, hal yang ingin gue sampaikan disini adalah hal yang sebenarnya amat sederhana jika kita sedang di rumah tetapi amat sangat rumit jika kita sedang dalam perjalanan. Apakah itu? Toilet.

Toilet merupakan suatu hal yang mungkin kini dianggap sebagai sepele tetapi perjuangan mendapatkannya amatlah panjang. Cha Bau Kan, salah satu tokoh kebangkitan China mengungkapkan sebuah pernyataan yang kurang lebih seperti ini “. . . untuk menghilangkan kebiasaan meludah, bangsa kami membutuhkan waktu satu generasi. untuk menghilangkan kebiasaan berak di sembarang tempat membutuhkan waktu satu generasi. perubahan itu butuh waktu yang panjang bung!”.

Signifikansi keberadaan toilet ternyata sangat besar. Dari pernyataan Cha Bau Kan tersebut menunjukkan bahwa peran toilet di masa-masa itu sangat besar untuk melakukan perubahan. Di Indonesia sendiri, pada masa pendudukan Belanda, di tempat umum toilet dibagi menjadi beberapa golongan yang secara garis besar seperti ini penggolongannya: (1) kepala/pimpinan; (2) staf kulit putih; (3) staf keturunan asia; dan (4) pribumi. Dan penggolongan itu terpampang di pintu-pintu toilet seperti yang saat ini kita melihat tulisan pria dan wanita di masing-masing pintu toilet.

Untuk saat ini, kita patut bersyukur bahwa kita dapat meraih toilet dengan mudahnya. Kita bisa berekspresi dan mendapat inspirasi dengan bebas ya hanya di toilet.

Selain itu, toilet juga dapat menjadi simbol sebuah ideologi. Mau tau? Silakan nikmati video Slavoj Zizek bicara tentang toilet.

Advertisements

One thought on “Toilet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s