Lembah Baliem

Akhir-akhir ini, gue sering banget nonton TVRI dan kebetulan emang menarik-menarik semua sih acaranya dibandingkan stasiun lain yang nayangin “serial cinta yang cuma ngasih mimpi”. Dan, karena deket-deket ama hari kemerdekaan, acaranya gak jauh-jauh dari yang namanya “kegiatan yang membangkitkan nasionalisme”. Beberapa acara menayangkan ekspedisi khatulistiwa yang baru saja dilakukan. Kegiatan ini adalah penelitian sosial maupun kegiatan penelitian terhadap alam yang dilakukan di Perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan. Gambaran masyarakat perbatasan yang rentan itu terdeskripsikan dengan jelas dalam laporan itu. Miris.

Oke, dari situ gue jadi inget salah satu karya Slank yang judulnya Lembah Baliem, menurut gue yang namanya “bahagia itu sederhana” ya ada di lirik lagu ini. Liriknya kurang lebih kaya gini:

Aku gak perlu uang ribuan
Yang aku mau uang merah cepe’an
Aku gak butuh kedudukan
Yang penting masih ada lahan ‘tuk makan

Asal ada babi untuk di panggang
Asal banyak ubi untuk ku makan
Aku cukup senang… aku cukup senang
Dan akupun tenang

Aku gak ngerti ada banyak tambang
Yang aku tahu banyak hutan yang hilang
Aku gak perduli banyak nada sumbang
Kita orang ini dianggap terbelakang

Asal ada babi untuk di panggang
Asal banyak ubi untuk ku makan
Aku cukup senang… aku cukup senang
Dan akupun tenang

Hei… yamko rambe yamko…aronawa… ombe
Hei… yamko rambe yamko…aronawa… ombe
Hei ngino kibe kumbano kumbu beko
Yumano kumbu awe ade

Kita harus inget bahwa masih banyak sodara kita yang masih sama-sama Indonesia yang masih membutuhkan bantuan dan perhatian kita. Jadi, buat yang sering masang bendera warna “item putih ijo dengan segitiga merah” di fb maupun twitternya atau ditempel di jaket almamamternya, yuk, kita lihat sejenak gimana merah-putih kita. 😀

Yogyakarta, 26 Agustus 2012

Leave a Reply

