Cerita tentang Manusia

Manusia, yang selalu ingin berlari. Ia mengejar apa yang diinginkannya. Jiwanya tak akan pernah puas. Buat mereka, kepuasan itu hanya sesaat.

Manusia, makhluk modern. Ia akan mencari yang namanya kemenangan. Kemenangan terhadap lingkungan sekitarnya dan individu lain yang ada di sekelilingnya.

Manusia, selalu mengenang yang buruk. Ia seakan lupa bahwa di dunia ini tersedia begitu banyak hal yang menyenangkan. Sering ia beranggapan jika kesenangan orang lain adalah kesengsaraan bagi dirinya.

Hei kalian, yang selalu mengejar pencapaian. Ingatlah sebuah tutur tentang mereka yang punya nama besar! Sebagian dari mereka terekam hanya sebatas nama. Namun, masih ada yang memberi memori tentang gagasan dan pengetahuan. Mungkin, mereka adalah yang berlari tepat arah. Kini? (mungkin) banyak yang terjerumus ke antah berantah.

Hei kalian, yang setiap waktu ingin menjadi pemenang. Tengoklah sekelilingmu. Berilah terang pada mereka yang masih gelap. Berilah untaian cinta dan kasih untuk mereka yang kerap murka. Ceritakanlah kisah hidupmu yang menyenangkan, sedari kecil hingga kini. Ajarkanlah mereka tuk menjadi manusia. Niscaya, kau adalah pemenang, bagi mereka, dan tentu saja bagi dirimu sendiri.

Hei kalian, yang hidupnya hanya dirundung dengan penyesalan. Coba sekali waktu kau kenang hal yang baik dari perjalanan hidupmu. Tak mungkin kita tak punya yang baik dalam memori kita. Bukankah kebaikan akan membawa keindahan? Sementara, keindahan adalah mimpi tentang kehidupan selanjutnya.

Sepotong ingatan tentang persoalan hidup. Terlintas, hidup adalah perjuangan untuk menunda mati. Manusia selalu ingin menang, berlari dari kejaran kematian, dan selalu mengenang yang buruk sembari berharap tak terjadi untuk kedua kali. Realita. Meski yang sadar hanya ingin mati sekali, bukan berkali-kali.

Ini tentang kalian. Kalian adalah kamu, dia, dan aku.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s