Sejenak di Perpustakaan

Kamis ini merupakan hari keempat gue berada di Jogja. Pulangnya gue ke Jogja bukan dalam rangka pulang kampung, tapi tujuan utamanya adalah untuk penelitian lapangan terkait skripsi. Seharusnya hari ini, gue udah dapet konfirmasi dari tempat gue turlap mengenai kapan gue bisa mulai penelitian. Namun, ternyata ada musibah yang terpaksa menundanya.
Sekitar jam 2 siang, gue berangkat dari rumah menuju pesantren, yang akan jadi tempat penelitiannya. Sebelumnya gue iseng-iseng buka twitter dan muncullah berita kalau kyai di Ponpes Al Munawir meninggal. Oke, gue tetap memutuskan berangkat, karena pesantren yang mau gue datengin lokasinya di sebelah ponpes Al Munawir, gue mikir “kira-kira bisa masuk nggak ya?”. Dan ternyata, dugaan gue benar… Gue sama sekali gak bisa masuk karena yang melayat banyak banget. Akhirnya gue putuskan untuk dateng besok aja.
Lalu, gue ke mana? Masa udah jauh-jauh dari rumah ke Kota Jogja terus nggak ngapa-ngapain? Mari lihat ke mana angin berhembus…
Akhirnya gue memutuskan untuk ke Perpus Kota Jogja. Alasannya, masuknya gratis, buka sampe jam 8 malem, dan lumayan buat neduh (karena pas gue berangkat udah mendung dan sampai detik ini masih ujan).
Setelah sampai di tempat, yang gue lakukan pertama kali adalah minta username ama password buat wifi (haha). Selanjutnya, gue ngliat-liat tuh buku, siapa tau ada yang bisa ngebantu buat skripsi. Satu hal yang paling bikin gue seneng adalah ada rak buku yang tulisannya kriminologi. Ini penting soalnya kalo ada temen yang nanya Kriminologi itu apa gue gak usah pusing ngejelasinnya, misalnya:
Temen: Kriminologi itu belajar apa sih?
Gue: Ya banyak, pokoknya kejahatan lah
Temen: oh, kayak forensik gitu ya?
Gue: Beda lah
Temen: Terus gimana?
Gue: Baca aja bukunya, ada kok di Perpus Kota *senyum* #asyek
Nah gitu, kan capek juga gak sih empat tahun, setiap pulang ke Jogja pasti ada aja yang nanya beginian.
Namun sayangnya gue belum ngeliat buku-buku bikinan dosen gue yang ada di rak tersebut. Padahal Kriminologi cuma ada di UI kan ya? Nggak tau kenapa bisa begitu, semoga besok pas berkunjung kesini udah ada tuh buku-bukunya.
Selanjutnya, ada hal lain yang jarang gue temuin di Depok atau Jakarta. Di tempat ini, isinya nggak cuma mahasiswa (kayak yang sering gue liat di Jakarta atau Depok). Disini ada anak-anak berseragam putih biru sampai bapak-bapak pulang kerja. Gue sempet nanya ke anak SMP itu, gue pikir dia ke sini buat ngerjain tugas, ternyata dia bilang kalo kesini mau minjem buku mumpung minggu depan libur karena buat UAN. Luar biasa bung. Gue aja dulu kalo mau libur kerjaannya ke rentalan PS. Hahaha
Itulqh sedikit cerita tentang gue yang hari ini nyasar ke Perpus Kota. Udahan dulu berbaginya, kalo penasaran perpus Kota Jogja kaya gimana mampir aja, enak kok tempatnya. Gue mau ngopi-ngopi dulu di angkringan.
Ciao… #asyek

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s