Stress

Pernah gak kalian membayangkan atau memikirkan apa yang terjadi sama tubuh kalian ketika sedang stress? Gue bener-bener memikirkan hal ini. Kenapa? Karena respon tubuh gue gak enak ketika lagi stress di titik paling atas. Kalo gue kena diare, pasti gue sedang berada di titik tertinggi dari stress.
Menurut gue sih ini hal wajar, karena tubuh kita juga secara nggak langsung bakal dipengaruhi sama keadaan psikis kita. Gue sempet nanya ke salah satu teman, ternyata ketika dia berada di posisi stress paling tinggi, maag dia bakal kambuh. Jadi, gue berasumsi bahwa tubuh semua orang bakal punya respon yang berbeda ketika mengalami stress.
Gue jadi terbayang sama orang yang suka ketawa-ketawa sendiri atau berperilaku yang tidak biasa, pasti orang itu bakal diejek dengan kata-kata “wah, stress lu!”. Asik juga kan kalau itu beneran? Bayangin aja, ketika lo lagi pusing banget respon yang muncul dari tubuh lo adalah senyuman. Jelas lah bakal hilang tuh pusing, karena senyuman adalah penawar dari segala kegelisahan. Hahaha
Sebaliknya, gue juga nggak ngebayangin ketika nanti gue berada di kehidupan dewasa, masih sama kah respon tubuh gue ketika sedang stress. Sekarang aja, gue yang kuliahnya masih dibayarin orang tua, makan masih disediain, kalo stress udah begitu responnya. Gimana nanti kalo gue udah harus hidup dari keringat sendiri dan tiba-tiba stress? Masih sama kah respon tubuh gue? Atau lebih hebat? Pengennya sih, respon yang keluar ya senyuman. Tapi, gue punya keyakinan kalau manusia itu pasti bisa berjuang melawan keadaannya. Jadi, lihat saja konteksnya nanti.
Dengan menulis ini, gue sebenarnya juga bisa melepaskan diri sejenak dari stress. Mengalihkan perhatian sejenak dari mahakarya mahasiswa yang tak kunjung selesai. Maka dari itu, selagi masih ada waktu untuk bersenang-senang manfaatkan lah. Kalau semua dipikirkan dalam-dalam yang ada justru jadi stress! Haha…

One thought on “Stress

Leave a Reply

